Efek Negatif Menghidupkan Laptop Tanpa Baterai



- Ada yang berpendapat bahwa jika menyalakan Laptop menggunakan AC Power dengan baterai, mungkin umur baterai tidak akan bertahan lama, jadi sebaiknya kita menggunakan Laptop menggunakan AC Power tanpa baterai.
- Ada juga yang berpendapat bahwa jika menyalakan Laptop menggunakan AC Power tanpa baterai, akan merusak komponen - komponen yang ada di dalam Laptop, karena listrik dari Power Supply lebih besar dari normalnya yang diterima oleh Laptop kita.


Dua alasan diatas memang betul. Jika kita menyalakan Laptop menggunakan AC Power dengan baterai maka baterai anda akan membengkak. Sebaliknya, jika kita menyalakan Laptop dengan AC Power tanpa baterai, malah dampaknya lebih besar.


Berikut ini saya akan memberikan dampak negatif "Menyalakan Laptop Tanpa Baterai"
- Jika listrik tiba² mati dan laptop anda juga ikut mendadak, dan hal itu terjadi beberapa kali efeknya ialah Prosesor, HardDisk, dan RAM anda bisa rusak.


- Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai tak dipasang dapat mempercepat kerusakan komponen² dalam laptop, karena komponen-komponen tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan.


- Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dibuka tapi menggunakan stabilisator/UPS banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen - komponen elektronik dalam laptop, karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen di dalam laptop tanpa melalui penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).


- Sebelum listrik mati laptopmu sudah terancam,,, karena kalau listrik tempat kita colokin adapter ga sehat, maka listrik tersebut akan merusak hardware laptop secara langsung, jelas lebih baik pasang batreii, krn paling buruk batrei yg ngedrop,,, daripada hardware lainnya yg mati...


Melepas Baterai hanya untuk jika Laptop tidak digunakan selama 3 hari. Baterai juga harus dibuka jika kita memakai Laptop selama 12 Jam Nonstop.

Newer Post Older Post Home

0 komentar:

Post a Comment